Wednesday, September 20, 2023

"The Black Tulip" julukan untuk Ruud Gullit

 


Ruud Gullit, nama lengkap Ruud Dil, adalah seorang mantan pemain sepak bola dan manajer asal Belanda yang lahir pada tanggal 1 September 1962 di Amsterdam, Belanda. Ia dikenal sebagai salah satu pemain terkenal di era 1980-an dan 1990-an.

Gullit adalah pemain serba bisa yang dapat bermain di berbagai posisi di lapangan, termasuk sebagai gelandang tengah atau pemain depan. Ia dikenal akan kemampuannya menggabungkan kekuatan fisik, teknik, dan kecerdasan taktik dalam permainannya.

Karir sepak bola Gullit dimulai di klub lokal, HFC Haarlem, sebelum pindah ke klub terkenal Belanda, Feyenoord, pada tahun 1982. Setelah itu, ia bermain untuk klub-klub besar Eropa seperti PSV Eindhoven, AC Milan, dan Chelsea.

Di AC Milan, Gullit meraih sukses besar dan membantu klub itu meraih berbagai gelar, termasuk tiga gelar Serie A dan dua Liga Champions UEFA. Ia juga memenangkan penghargaan Ballon d'Or pada tahun 1987.

Selain bermain untuk klub, Gullit juga berkontribusi pada tim nasional Belanda. Ia bermain dalam beberapa Piala Dunia FIFA untuk tim nasional Belanda dan mencapai puncak kejayaan saat memenangkan Kejuaraan Eropa UEFA 1988 di Jerman Barat, di mana ia juga menjadi kapten tim.

Setelah pensiun sebagai pemain, Gullit melanjutkan karirnya sebagai pelatih sepak bola. Ia melatih beberapa klub, termasuk Chelsea, Newcastle United, dan Los Angeles Galaxy. Meskipun karir kepelatihannya tidak seberhasil karir bermainnya, Gullit tetap dikenal sebagai sosok yang memiliki kontribusi besar dalam dunia sepak bola.



0 comments:

Post a Comment