Wednesday, October 4, 2023

His name is Zinedine Zidane but he is called "Zizou" by all people




 Zinedine Zidane adalah seorang legenda sepak bola Prancis yang lahir pada tanggal 23 Juni 1972 di Marseille, Prancis. Ia dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola dan telah mencatat prestasi besar sebagai pemain dan pelatih.

Berikut adalah rangkuman biografi Zinedine Zidane:

Karir Pemain:

Zidane memulai karir sepak bolanya di klub AS Cannes pada tahun 1988 sebelum pindah ke Girondins de Bordeaux dan kemudian Juventus di Italia.

Selama di Juventus, ia memenangkan berbagai gelar, termasuk dua kali juara Serie A dan memimpin tim mencapai tiga final Liga Champions.

Zidane mencapai puncak kariernya saat memenangkan Piala Dunia FIFA bersama Tim Nasional Prancis pada tahun 1998, mencetak dua gol dalam final melawan Brasil.

Pada tahun 2001, Zidane pindah ke Real Madrid dengan transfer rekor dunia saat itu. Di Real Madrid, ia mencapai puncak prestasinya, memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut (2002, 2016, 2017) dan banyak trofi lainnya.

Karir Pelatih:

Setelah pensiun sebagai pemain, Zidane memulai karir kepelatihannya di Real Madrid Castilla (tim cadangan Real Madrid) sebelum menjadi pelatih kepala Real Madrid.

Zidane memimpin Real Madrid memenangkan tiga gelar Liga Champions berturut-turut (2016, 2017, 2018) selama periode pertamanya sebagai pelatih utama.

Dia juga sukses di level domestik, memenangkan berbagai gelar Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol selama masa jabatannya sebagai pelatih Real Madrid.

Zinedine Zidane adalah sosok penting dalam sejarah sepak bola, terkenal dengan kepiawaiannya dalam mengontrol bola, kreativitas, visi permainan, dan kemampuan mencetak gol penting. Ia juga dikenal dengan kepribadiannya yang tenang dan berkelas di dan di luar lapangan.


0 comments:

Post a Comment